GANESHASOFTMEDIA

JASA SKRIPSI DAN TUGAS AKHIR SEMARANG – KHUSUS JURUSAN KOMPUTER

Cara Memilih Judul Skripsi atau Judul Tugas Akhir

Memilih Judul Skripsi atau Tugas Akhir bisa menjadi sesuatu yang sulit bagi mahasiswa. Padahal mahasiswa ingin segera memulai project skripsi, menyelesaikannya, dan segera lulus atau wisuda.

Berikut ini langkah memilih judul skripsi yang baik menurut jasa skripsi semarang :

#1 Ikuti saran atau arahan program studi

Terkadang program studi memiliki program kerja atau garis besar kebijakan pemilihan tema skripsi atau tugas akhir bagi mahasiswanya. Hal ini mungkin disosialisasikan pada breafing atau pengarahan pada saat mahasiswa akan memulai project skripsi atau TA. Perhatikanlah atau ikuti arahan ini. Jika mahasiswa memilih judul pada tema yang telah ditentukan, tentu pengajuan judul akan lebih mudah untuk disetujui.

#2 Tentukan instansi tempat penelitian

Tidak sedikit mahasiswa yang memilih judul dahulu baru mencari tempat penelitian. Hal ini akan menyulitkan mahasiswa jika ternyata sulit mencari instansi yang ditargetkan.

Kemudian, latar belakang permasalahan penelitian paling mudah diperoleh dari permasahan di sistem nyata. Kecuali kampus memiliki kebijakan mempermudah atau mendorong mahasiswanya melakukan penelitian start-up (membuat aplikasi milik probadi dan komersial), maka lebih mudah kalo menggunakan permasalahan di instansi.

Setelah memperoleh instansi, tentukan judul atau tema penelitian yang mungkin dibutuhkan oleh instansi tersebut. Misalnya membuat aplikasi yang sebenarnya tidak terlalu penting dan mendesak untuk dibuat oleh instansi tesebut.

#3 Memilih judul dengan mengenali batasan diri

Setelah instansi diperoleh, dan perkiraan masalah atau kebutuhan instansi di inventaris, langkah berikutnya adalah memilih judul berdasarkan batasan diri. Batasan diri dapat berupa batasan teknologi yang dikuasai, batasan materi yang dikuasai, dan sebagainya.

Apakah akan membuat aplikasi atau hanya analisis dan design, atau mengambil kajian manajemen rekayasa perangkat lunak (control quality)?

Apakah akan memilih membuat aplikasi berbasis desktop, atau berbasis web, atau berbasis mobile (android)?

Jangan memilih materi yang sulit dan membutuhkan reasearch lama. Kecuali memang rela berkorban demi investasi setelah lulus. Misal, nekat menggunakan framework yang ternyata dia harus berlajar dari nol. Lulus lama, tapi mungkin bermanfaat saat kerja.

#4 Jika kamu ingin taktis, jangan memilih tema yang kemungkinan di bimbing dosen killer

Dosen memilik kompetensi yang berbeda-beda. Mereka juga memiliki karakter membimbing yang berbeda pula. Kamu bisa mengenali karakter dosen dari cara dia mengajar atau dari cerita mahasiswa lain saat bimbingan. Jika kamu penakut, atau malah pintar, coba hindari dosen bermasalah tersebut.

Ingat ini. Jangan lakukan!

  1. Jangan memilih judul atau tema atau teknologi yang benar-benar baru buat kamu. Kecuali kamu jenius dan cepat belajar, kamu akan berlama-lama, belajar dan belajar. Jangan sok, nanti terperosok.
  2. Jangan mengajukan judul karena miliki aplikasi yang telah jadi. Entah darimana aplikasi jadi tersebut. Sesuatu dapat terjadi yang mengakibatkan tersendatnya project skripsi. Misal : dibutuhkan modif aplikasi dan kamu tidak bisa melakukannya, dosen mengendaki sistem yang berbeda, dll, dll.

DROP A COMMENT

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.